Catatan

Aku kira, kamu sudah tahu…


65421_bahasa_tubuh_anak_641_452
Pagi ini tiba-tiba saya teringat seorang adik kelas saya ketika SMA. Suatu kali, kami tengah mengerjakan mading dan mencari bahan di internet. Beberapa saat berada di warnet, kami pun mendapat sejumlah bahan yang kami perlukan. Demi efisiensi waktu, tak ku copy-paste ke Ms. Word, tapi ku save page as semua laman itu.
Setelah merasa cukup mendapat bahan, baru kubuka My Document, ingin kupindahkan ke flashdisk. Namun, alangkah terkejutnya ketika kucari-cari di data, sama sekali tidak kutemukan laman-laman yang baru saja ku-save itu.
“Lho, kok gak ada semua bahan yang sudah kita download, dek?” seruku kaget.
“Iya. Lha aku kira, mbak sudah tahu,” ucap adik kelasku itu lambat-lambat.
“Tahu apa?”
“Di warnet sini kalau mau download harus di-copy paste ke Ms. Word dulu baru di-save. Kalau langsung di-save lamannya gak bisa.”
“Ya Allah, aku gak tahu. Aku belum pernah pakai warnet sini,” ucapku dengan nada hopeless. “Kok kamu juga gak kasih tahu, dek?” lanjutku heran.
“Aku kira mbak sudah tahu.”
Aku hanya bisa menatapnya tanpa kata-kata. Saking bingungnya mau berkata apa, aku lantas hanya tertawa. Jengkel, merasa bodoh, dan gak habis pikir. “Ya sudah, kita cari lagi. Maaf ya dek, aku belum tahu,” ucapku seraya mengetik google.com.
***
Saya jadi berpikir, cukup sering juga kita membiarkan kesalahan orang lain hanya karena kita merasa lebih rendah atau lebih muda atau lebih junior. Kita sungkan ingin mengingatkan atau menegur, meskipun sebenarnya kita tahu yang benar. Memang, menasehati yang lebih tua ada adabnya sendiri agar tak menyinggung harga diri yang bersangkutan.
Tapi, dikira tahu tapi sebenarnya tidak tahu, dikira pintar tapi sebenarnya tidak pintar, dikira tidak tahu tapi sebenarnya tahu, dikira bodoh tapi sebenarnya tidak bodoh, itu sama-sama gak enaknya. Yang sudah lebih banyak umurnya pun belum tentu lebih tahu. Jadi, nilai sesuatu sesuai kadarnya saja.

Leave a Reply

