Catatan

Pembekalan KKN


Heran benar saya pagi ini. Saya tengah berjalan dari Karangwuni ke kampus untuk pembekalan KKN, dan sepanjang jalan itu entah berapa kali sudah saya temui penawaran-penawaran berbunyi, “Ada kamar kosong.” Atau ada lagi, “Terima kos putri.” Bagaimana bisa, padahal saya baru memutuskan untuk nge-kos tadi pagi sembari mandi. Apa memang tulisan-tulisan ini sudah ada sejak dulu, atau mata saya saja yang sekarang lebih jeli mencari-cari. Benar kata orang, where there is a will, there is a (lot of) way. Seolah semua kesempatan Allah gelarkan saja di hadapan mata kita.

Mungkin disinilah kebenaran tentang teori sugesti dibuktikan. Pikiran membentuk kenyataan. Ketika kita memikirkan suatu hal secara terus-menerus dengan intensitas tinggi, sesuatu itu akan terbentuk menjadi kenyataan. Ketika kita memikirkan kos-kosan, kos-kosan, dan kos-kosan, maka yang namanya kos-kosan itu serentak akan memunculkan dirinya di hadapan kita. Atau ketika kita memikirkan mobil, mobil, mobil, menggambar bentuk mobil, berusaha keras dengan obsesi membeli mobil, maka kata pakar pakar psikologi, suatu saat kita akan mendapatkan mobil. Kok kedengarannya mudah ya?

Yah, demikianlah sepanjang jalan saya terus berpikir tetang teori sugesti yang rumit. Hingga akhirnya saya sampai juga di tempat pembekalan. Pembekalan dari jam 7.30-13.30 berjalan tanpa jeda. Saya pikir, teman-teman saya itu akan cukup cerdas untuk menangkap momentum pembekalan guna menambah tebal kantong buat KKN lho. E, tapi ternyata kok ya tidak. Adapun saya sendiri, saya memang tidak berniat untuk melakukannya. Pembekalan dari pagi sampai siang tanpa jeda tanpa minuman, snack apalagi makanan, saya pikir akan cukup laris kalau ada yang mau menjajakan makanan. Memang sudah diberitahukan kepada peserta KKN agar membawa makanan dan minuman sendiri, tapi toh nyatanya banyak juga kok yang tidak bawa. Dan mendeterminasi orang ketika lapar kan lebih mudah, kemungkinan dibelinya lebih banyak. Sayang, kok tidak ada.

Selebihnya, materi KKN berjalan sebagaimana mestinya. Lima orang pemateri berbicara tentang beraneka macam hal mulai dari filosofi KKN PPM dan Education for Sustainable Development (EdS), makna pemberdayaan, tata administrasi dan penyusunan laporan KKN, sosialisasi GMC, hingga etiket pergaulan di lingkungan mahasiswa KKN. Lima orang pemateri berbicara dengan berbagai gaya mulai dari yang serius sampai dengan yang penuh dagelan.

Tapi, dari serangkaian agenda pembekalan, yang selanjutnya membuat saya agak berpikir adalah General Test-nya. Bukan lantaran di sana kita mengerjakan soal sehingga harus berpikir, kalau itu ya memang. Tapi bentuk test-nya lho. Pilihan ganda. Multiple choice. Ada semacam de javu. Selama 2,5 tahun lebih kuliah, baru kali itu saya temui lagi bentuk soal semacam itu. Dan mendadak…saya merasa seperti anak SMA lagi. Teringat ujian nasional, teringat ujian sekolah, UAS, UTS, atau bahkan juga ulangan-ulangan harian. Teringat bagaimana dengan mudah anak-anak saling memberi kode jawaban, bisik-bisik, saling melirik, sms-an, lempar-lempar kertas, atau yang paling sederhana saling mengkode. A satu jari, B dua jari, C tiga jari, dan seterusnya. Hahaa. Rasanya kok saya tak familiar lagi dengan model pilihan ganda. Sebuah model yang juga sangat memungkinkan kita untuk melakukan silang indah alias ngawur. Model essay atau analisis juga memungkinkan ngawur sih, tapi ngawur-nya kan lebih berpikir. Maka, ketika keluar dari ruangan saya tanya anak-anak, gimana tadi test-mu? Ah. aku ngasal aja, katanya. Tu kan!

Well, ngomong-ngomong tentang teori sugesti tadi, apakah itu juga terjadi ketika kita memikirkan seseorang? Mendadak berbagai tulisan yang saya baca, kuliah dosen yang saya terima, dan berita-berita yang saya dengar kok ya memuat nama itu. Ya Rabb…

Ketika kerinduan ini tengah begitu menyeruak, apakah lagi yang bisa kulakukan kecuali mengadu pada-Nya.. Apakah rindu ini Kau perkenankan, Tuhan ?

Leave a Reply

