Sajak

Selepas Ini


:sebuah catatan untukmu

 

 

 

aku ingat aku melihat wajahmu yang pucat di jalanan itu, dan aku menangis karenanya. untuk pertama kali. aku tak pernah tahu bila ternyata aku akan selalu menangis lagi, lagi, dan lagi karenamu, untukmu.  menangis dalam kesunyianku yang pekat.

aku melihat daun-daun kuning kering yang jatuh berguguran dan bagaimana angin yang nakal mempermainkannya dan menjadikannya berputar-putar sebelum menyentuh bumi, dan aku menatap luasnya sang maha biru dan merasakan desah napas alir kesejukan udara yang kau selalu tak pernah bisa cukup sabar untuk merasakannya itu, yang mempermainkan ujung kain hijabku dan menyapa mesra rambutmu. aku merasakan warna suara nyanyian mentari yang mengolok-olokku, rumput yang menari-nari menertawakanku, dan kepak rama-rama yang tak juga berkata suatu apa padamu. aku merasa takut karena waktu tak membeku.

aku ingat aku melihat wajahmu yang pucat, yang lelah, yang pias, yang marah, yang terburu-buru, yang enggan, yang tertawa, yang nakal, yang marah, dan yang merayu manja hingga aku selalu tak sanggup berkata-kata. setiap kata dan tingkah yang mencengkeram erat hatiku hingga aku tak tahu apa definisi ini semua. mengapa kau membiarkannya? Ah, aku bahkan tak tahu mengapa semesta membiarkannya melaju tanpa mengingatkanku.

ini kali aku sendiri, ketika semua telah akan segera berakhir,dan lantas aku bertanya-tanya siapakah kau selepas ini? siapakah aku selepas ini? dan siapakah kita selepas ini ? aku terus bertanya dan aku takut mengingat apa yang mungkin kutemukan di ujung tanyaku ini.

mungkin selepas ini aku tak bisa lagi menyebut kau dan aku sebagai kita…

 

Leave a Reply

