Terminologi

Laten



Suatu kali saya pernah membantu teman-teman PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) BEM KM UGM untuk melakukan riset terhadap mahasiswa baru angkatan 2010. Setelah mereka mengisi lembar riset, mereka akan mendapatkan sebuah stiker yang bertuliskan Awas Bahaya Laten Korupsi. Saat itulah, ketika seorang maba selesai mengisi lembar riset, saya pun memberikan stiker tersebut. Sambil melihat stiker yang saya berikan itu tiba-tiba ia bertanya,
“Mbak, laten itu artinya apa?”
Saya terhenyak. Laten? Saya bahkan tidak pernah berfikir apa arti kata laten meskipun puluhan kali saya melihat stiker serupa! Andai yang bertanya itu teman saya sesama jurusan Sastra Indonesia, atau sesama angkatan 2009, atau angkatan yang lebih tua, mungkin saya akan menjawab seperti biasa, “Aku belum tahu secara pasti, coba aku lihat di KBBI dulu ya… (sambil tersenyum dengan ekspresi tak paham)” Tapi kali ini yang bertanya pada saya adalah seorang mahasiswa baru angkatan 2010 jurusan Kimia.Wah, memalukan. Saya pun mencoba berspekulasi.
“Laten itu maksudnya sesuatu yang sudah mengakar, saking mendarah dagingnya sampai-sampai terkadang tidak terasa. Korupsi itu kan juga seperti itu ya, Dek… Seolah-olah sudah menjadi bagian dari budaya politik Indonesia.” (sambil tersenyum-senyum)
Ia memang mengangguk-angguk tampak bisa menerima jawaban saya, tapi hati kecil saya masih terus gelisah. Bayangkan, saya yang notabene seorang mahasiswa SASTRA INDONESIA tidak tahu apa arti kata LATEN! Saya yang memiliki keinginan untuk mengambil program LINGUISTIK tidak tahu apa arti kata LATEN! Ironis praktis. Ya, memang tidak sepenuhnya kosong, dalam benak saya juga sedikit banyak tergambar apa arti kata itu, tapi saya tidak bisa mengungkapkannya dengan benar secara verbal, bukan? Sama saja.
Saya harus lebih mengakrabkan diri saya dengan KBBI, janji saya dalam hati. Peristiwa inipula yang mendasari saya untuk membuat sebuah kategori bernama Terminologi dalam blog ini. Agar peristiwa serupa tidak perlu terulang untuk yang kedua kalinya. Agar kita lebih akrab dengan kata-kata, istilah, dan KBBI.
Apakah anda tahu apa arti kata laten?
laten /latén/ a tersembunyi; terpendam;
tidak kelihatan: kita harus tetap
berjaga-jaga thd ancaman – komunis

Leave a Reply

